EFEKTIVITAS KURIKULUM MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH RAUDLATUL ULUM PATEMON TLOGOSARI BONDOWOSO


   Kode Dokumen  :  004/MPI/STAI AU   
   Penulis  :  Miftahul Anam   
   ID Penulis  :  012020047   
   Tahun  :  2024   
   Judul ID  :  EFEKTIVITAS KURIKULUM MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH RAUDLATUL ULUM PATEMON TLOGOSARI BONDOWOSO   
   Judul EN  :  THE EFFECTIVENESS OF MADRASAH CURRICULUM IN IMPROVING THE QUALITY OF STUDENTS IN RAUDLATUL MADRASSA ULUM PATEMON TLOGOSARI BONDOWOSO   
   Jenis Dokumen  :  Skripsi   
   Abstrak ID  :  Miftahul Anam (2024) : Efektivitas Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Patemon Tlogosari Bondowoso Kurikulum merupakan elemen penting dari proses pembelajaran, dan ini lebih jelas lagi dalam konteks madrasah. Sekolah-sekolah madrasah adalah lembaga-lembaga pendidikan yang umumnya fokus pada pengajaran agama Islam. Tujuan kurikulum madrasah adalah mengarahkan peserta didik pada pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai Islam. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan Menulis Arab Pegon di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? 2) Bagaimana efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? Dan 3) Bagaimana Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar murid di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan Menulis Arab Pegon di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum. 2) Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? Dan 3) Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar murid di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Yaitu mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan terkait: efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan menulis Arab pegon, kemampuan membaca kitab, dan minat dan motivasi belajar peserta didik madrasah Diniyah. Permasalahan tersebut dibahas melalui Studi Lapangan. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kurikulum madrasah di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis Arab Pegon. (2) Kurikulum pembelajaran kitab kuning di madrasah ini menunjukkan kualitas yang baik, namun masih terdapat kekurangan dalam hal praktek intensif membaca dan memahami kitab kuning, terutama dalam penerapan wazan dan tashrif shorof secara praktis. (3) Minat dan motivasi belajar siswa mengalami fluktuasi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi menunjukkan peningkatan berkat intervensi dari Guru Tugas Pondok Pesantren Salafiyah Al Utsmani. Penelitian ini menyarankan agar madrasah terus meningkatkan kualitas kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih interaktif serta memberikan perhatian khusus pada pengembangan bakat dan minat siswa untuk mencapai hasil pendidikan yang lebih baik. Kata Kunci: Efektivitas Kurikulum, Kualitas Peserta Didik.   
   Abstract EN  :  Miftahul Anam (2024) : Efektivitas Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Patemon Tlogosari Bondowoso Kurikulum merupakan elemen penting dari proses pembelajaran, dan ini lebih jelas lagi dalam konteks madrasah. Sekolah-sekolah madrasah adalah lembaga-lembaga pendidikan yang umumnya fokus pada pengajaran agama Islam. Tujuan kurikulum madrasah adalah mengarahkan peserta didik pada pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai Islam. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan Menulis Arab Pegon di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? 2) Bagaimana efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? Dan 3) Bagaimana Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar murid di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? The purpose of this research is to find out: 1) The effectiveness of curriculum in improving the ability to write Pegon Arabic in Madrasah Raudlatul Ulum. Diniyah Raudlatul Ulum. 2) The effectiveness of madrasah curriculum in improving ability to read the yellow book at Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? And 3) The effectiveness of the madrasah curriculum in increasing students' interest and motivation to learn? students in Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum. The method used in this research is Descriptive Qualitative. That is describing phenomena that occur in the field related to: effectiveness of madrasah curriculum curriculum in improving the ability to write Arabic pegon, the ability to read books, and the interest and motivation to learn. ability to read the book, and interest and motivation to learn. These problems are discussed through field studies. The data were obtained by interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that (1) The madrasah curriculum at Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum is effective in improving the ability to write Pegon Arabic. ability to write Pegon Arabic. (2) The curriculum for learning the yellowclassical books in this madrasah curriculum shows good quality, but there are still shortcomings in terms of intensive practice of reading and understanding the yellowIslamic classic book, especially in the application of wazan and tashrif wazan and tashrif shorof practically. (3) Students' interest and motivation to learn have fluctuated in recent years, but are showing an improvement thanks to the intervention of the Duty Teacher of Pondok Pesantren Salafiyah Al Utsmani. This study suggests that madrasah should continue to improve the quality of curriculum and more interactive learning methods as well as giving special attention to the development of students' talents and interests to achieve better education outcomes. better educational outcomes. Keywords: Curriculum Effectiveness, Learner Quality.   
   Dilihat  :  52 Kali   

   Miftahul Anam

No Kode Lokasi Jumlah