|
Kode Dokumen |
: |
004/MPI/STAI AU |
|
|
Penulis |
: |
Miftahul Anam |
|
|
ID Penulis |
: |
012020047 |
|
|
Tahun |
: |
2024 |
|
|
Judul ID |
: |
EFEKTIVITAS KURIKULUM MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH RAUDLATUL ULUM PATEMON TLOGOSARI BONDOWOSO |
|
|
Judul EN |
: |
THE EFFECTIVENESS OF MADRASAH CURRICULUM IN IMPROVING THE QUALITY OF STUDENTS IN RAUDLATUL MADRASSA ULUM PATEMON TLOGOSARI BONDOWOSO |
|
|
Jenis Dokumen |
: |
Skripsi |
|
|
Abstrak ID |
: |
Miftahul Anam (2024) : Efektivitas
Kurikulum
Madrasah
dalam
Meningkatkan Kualitas Peserta didik di Madrasah
Diniyah Raudlatul Ulum Patemon Tlogosari
Bondowoso
Kurikulum merupakan elemen penting dari proses pembelajaran, dan ini
lebih jelas lagi dalam konteks madrasah. Sekolah-sekolah madrasah adalah
lembaga-lembaga pendidikan yang umumnya fokus pada pengajaran agama Islam.
Tujuan kurikulum madrasah adalah mengarahkan peserta didik pada pemahaman
dan pengamalan terhadap nilai-nilai Islam.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Efektivitas
kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan Menulis Arab Pegon di
Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? 2) Bagaimana efektivitas kurikulum madrasah
dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah
Raudlatul Ulum? Dan 3) Bagaimana Efektivitas kurikulum madrasah dalam
meningkatkan minat dan motivasi belajar murid di Madrasah Diniyah Raudlatul
Ulum?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Efektivitas kurikulum
madrasah dalam meningkatkan kemampuan Menulis Arab Pegon di Madrasah
Diniyah Raudlatul Ulum. 2) Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan
kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? Dan 3)
Efektivitas kurikulum madrasah dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar
murid di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Yaitu
mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan terkait: efektivitas kurikulum
madrasah dalam meningkatkan kemampuan menulis Arab pegon, kemampuan
membaca kitab, dan minat dan motivasi belajar peserta didik madrasah Diniyah.
Permasalahan tersebut dibahas melalui Studi Lapangan. Datanya diperoleh dengan
cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kurikulum madrasah di
Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum efektif dalam meningkatkan kemampuan
menulis Arab Pegon. (2) Kurikulum pembelajaran kitab kuning di madrasah ini
menunjukkan kualitas yang baik, namun masih terdapat kekurangan dalam hal
praktek intensif membaca dan memahami kitab kuning, terutama dalam penerapan
wazan dan tashrif shorof secara praktis. (3) Minat dan motivasi belajar siswa
mengalami fluktuasi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi menunjukkan
peningkatan berkat intervensi dari Guru Tugas Pondok Pesantren Salafiyah Al
Utsmani. Penelitian ini menyarankan agar madrasah terus meningkatkan kualitas
kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih interaktif serta memberikan
perhatian khusus pada pengembangan bakat dan minat siswa untuk mencapai hasil
pendidikan yang lebih baik.
Kata Kunci: Efektivitas Kurikulum, Kualitas Peserta Didik. |
|
|
Abstract EN |
: |
Miftahul Anam (2024) : Efektivitas
Kurikulum
Madrasah
dalam
Meningkatkan Kualitas Peserta didik di Madrasah
Diniyah Raudlatul Ulum Patemon Tlogosari
Bondowoso
Kurikulum merupakan elemen penting dari proses pembelajaran, dan ini
lebih jelas lagi dalam konteks madrasah. Sekolah-sekolah madrasah adalah
lembaga-lembaga pendidikan yang umumnya fokus pada pengajaran agama Islam.
Tujuan kurikulum madrasah adalah mengarahkan peserta didik pada pemahaman
dan pengamalan terhadap nilai-nilai Islam.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Efektivitas
kurikulum madrasah dalam meningkatkan kemampuan Menulis Arab Pegon di
Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? 2) Bagaimana efektivitas kurikulum madrasah
dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah
Raudlatul Ulum? Dan 3) Bagaimana Efektivitas kurikulum madrasah dalam
meningkatkan minat dan motivasi belajar murid di Madrasah Diniyah Raudlatul
Ulum?
The purpose of this research is to find out: 1) The effectiveness of
curriculum in improving the ability to write Pegon Arabic in Madrasah Raudlatul Ulum.
Diniyah Raudlatul Ulum. 2) The effectiveness of madrasah curriculum in improving
ability to read the yellow book at Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum? And 3)
The effectiveness of the madrasah curriculum in increasing students' interest and motivation to learn?
students in Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum.
The method used in this research is Descriptive Qualitative. That is
describing phenomena that occur in the field related to: effectiveness of madrasah curriculum
curriculum in improving the ability to write Arabic pegon, the ability to read books, and the interest and motivation to learn.
ability to read the book, and interest and motivation to learn.
These problems are discussed through field studies. The data were obtained by
interviews, observation, and documentation.
The results of this study indicate that (1) The madrasah curriculum at
Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum is effective in improving the ability to write Pegon Arabic.
ability to write Pegon Arabic. (2) The curriculum for learning the yellowclassical books in this madrasah
curriculum shows good quality, but there are still shortcomings in terms of
intensive practice of reading and understanding the yellowIslamic classic book, especially in the application of wazan and tashrif
wazan and tashrif shorof practically. (3) Students' interest and motivation to learn
have fluctuated in recent years, but are showing an
improvement thanks to the intervention of the Duty Teacher of Pondok Pesantren Salafiyah Al
Utsmani. This study suggests that madrasah should continue to improve the quality of
curriculum and more interactive learning methods as well as giving
special attention to the development of students' talents and interests to achieve better education outcomes.
better educational outcomes.
Keywords: Curriculum Effectiveness, Learner Quality. |
|
|
Dilihat |
: |
52 Kali |
|